Setelah beberapa minggu sepi karena libur semester, saat ini kampus terlihat semarak lagi. Wajah-wajah ceria saling berbagi cerita mengiasi lobby dan pintu-pintu ruang dosen. Tentu ada banyak sekali cerita yang berbeda. Tapi mereka memiliki beberapa tujuan yang sama.

Tujuan pertama, mereka sama-sama log in untuk pemrograman matakuliah. Dalam menentukan matakuliah yang mereka pilih dalam paket yang ditawarkan, umumnya mereka juga memiliki preferensi pada dosen tertentu, mana yang disukai, mana yang tidak (ini semestinya menjadi bahan renungan untuk introspeksi bagi para dosen).

Tujuan berikutnya, saat mahasiswa sudah selesai memrogram matakuliah, mereka minta persetujuan dari dosen pembimbing akademik (DPA) masing-masing. Dalam hal minta persetujuan ini, para dosen umumnya minta pada mahasiswa untuk bertemu untuk melihat dan mendengarkan secara langsung hal-hal yang mereka hadapi pada semester sebelumnya dan apa yang mereka ingin lakukan pada semester berikutnya. Para dosen tentu tidak ingin hanya menjadi DTK (Dosen Tukang Klik) yang hanya mengKLIK tombol SETUJU pada SISTER. Mereka ingin memberikan bimbingan secara intensif sehingga mahasiswa bisa memilih matakuliah dengan benar, apalagi banyak matakuliah yang menjadi prasyarat untuk matakuliah lain. Dengan bimbingan yang intensif ini diharapkan mahasiswa bisa menyelesaikan studi dengan lebih cepat (selama ini mahasiswa Prodi Bahasa Inggris memiliki masa studi yang cukup panjang).

Meski demikian, kesalahan/kekeliruan biasanya ada. Meskipun masa pemrograman berakhir tanggal 12 Februari 2016, masih ada masa perubahan sampai tanggal 22 Februari 2016.

Perkuliahan dimulai hari Senin, 15 Februari 2016. Dan itu Senin depan.

Welcome back to campus, and enjoy your classes!