Glückwunsch Adelia! Juara 2 Beasiswa Bakti BBJ

Mempelajari bahasa asing nampaknya memiliki nilai yang semakin penting dalam dunia global, terlebih dengan munculnya Revolusi Industri 4.0. Adelia Almira Kurniawati, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, merespon tantangan tersebut dengan luar biasa. Meskipun berkutat dengan banyaknya tugas perkuliahan dalam masa pandemic, Adelia tetap bersemangat untuk meningkatkan kefasihanya dalam berbahasa asing, kali ini dalam bahasa Jerman.

Adelia berhasil mendapatkan Beasiswa Bakti BBJ, yaitu beasiswa untuk belajar bahasa Jerman sekaligus bimbingan Aupair ke Jerman dari Belajar Bahasa Jerman, sebuah Lembaga Kursus Bahasa & Konsultasi Program Pendidikan/ Pelatihan Kerja di Jerman. Untuk memperoleh beasiswa tersebut, Adelia harus berkompetisi dengan puluhan peserta lainnya. Adelia terinspirasi dari Guru bahasa Jerman sewaktu SMA. Berikut penuturan singkatnya

Guru bahasa Jerman saya juga mengatakan bahwa Bahasa Jerman itu satu rumpun dengan Bahasa Inggris, jadi banyak kata-kata yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahasa Inggris. Dari situ saya sudah suka dan terus termotivasi untuk belajar bahasa Jerman. Saya berfikir bahwa dengan belajar bahasa asing selain bahasa Inggris bisa menambah nilai tambah untuk diri saya sendiri. Selain itu yang terpenting, saya juga bercita-cita melanjutkan studi di Negeri Eropa. Untuk itu mungkin dengan beasiswa BBJ ini bisa membantu saya untuk dapat bekal agar saya berhasil meraih impian saya tersebut

Beasiswa Bakti BBJ yang diperoleh Adelia memberikan peluang untuk mempelajari bahasa Jerman pada level A1.1. Tidak hanya itu, beasiswa tersebut juga memberikan konsultasi dan bimbingan untuk mengikuti Aupair, yaitu program pertukaran budaya selama satu tahun ke Jerman. Jerman menjadi salah satu tujuan populer para mahasiswa Indonesia untuk berbagai bidang pendidikan. Aupair bisa menjadi salah satu jembatan untuk mendapatkan peluang studi di level master degree di Jerman. Dan, masih banyak juga pilihan beasiswa yang bisa kita coba untuk studi ke Jerman.

Capaian Adelia tentu bisa memberikan inspirasi dan semangat bagi semua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk terus bersemangat tanpa lelah untuk menimba ilmu. Melalui akun Instagram-nya, Adelia  menyemangati siapapun untuk terus belajar, Belajar bahasa Jerman seru lhoo 🇩🇪❤💯. Grab the opportunities guys. It is worth to try as one of your positive activities. Hal itu juga mengajarkan kita bahwa banyak cara dan peluang untuk belajar secara mandiri meskipun di masa sulit karena pandemic saat ini. Keep moving forward, Adel!