Hari ini, Kamis, 4 Februari 2014, Kaprodi Bu Made Adi Andayani mengumpulkan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang berasal dari Thailand. Mereka dikumpulkan untuk diberi pengarahan dan pembekalan untuk menghadapi semester Genap 2015/2016 yang segera berlangsung.

Selama ini mahasiswa yang berasal dari Thailand banyak menghadapi masalah akademik sehingga perlu diberikan perhatian khusus.

Dalam pertemuan ini, Bu Made menanyakan hasil studi semester sebelumnya, kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi, serta rencana mereka ke depan. Hasil studi mereka selama ini ternyata kurang memuaskan. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor internal mereka sendiri, seperti lebih banyak berkumpul dengan teman-teman dari Thailand saja (kurang bersosialisasi dengan teman-teman lain). Hal ini juga menyebabkan mereka kurang lancar berbahasa Indonesia.

Bu Made kemudian menyarankan agar mereka bisa mengatur waktu dengan lebih efisien, lebih bersosialisasi dengan teman-teman Indonesia mereka, dan lebih banyak melibatkan diri dalam kegiatan extra kurikuler yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa prodi (ESA/English Students’ Association). Bahasa Inggris mereka, menurut Bu Made, masih kurang lancar untuk berkomunikasi.

Hal ini diamini oleh Pak Budi Setyono, salah seorang dosen yang juga salah satu DPA mereka. Menurut Pak Budi, mereka masih sangat perlu untuk menguatkan ketrampilan bahasa Inggris dasar mereka, supaya bisa mengkuti perkuliahan dengan lebih baik.

Menurut dosen lain, Bu Asih Santihastuti, mereka diharapkan lebih serius belajar dan mengerjakan tugas karena menurut Bu Santi (beliau lebih senang dipanggil Bu Santi), dalam mengerjakan tugas, mereka lebih sering santai dan kurang motivasi.

Sedangkan menurut seorang mahasiswa, Mahatma Radea Kresno, kemampuan verbal dan aktivitas sosialisasi perlu ditingkatkan, termasuk keterlibatan dalam kegiatan ESA.

Dalam pertemuan ini, Bu Made menyarankan mereka belajar Bahasa Inggris, dan minta bantuan pada beberapa mahasiswa tingkat akhir untuk membantu mereka.

Untuk diketahui, sekarang ini ada 8 mahasiswa (semua perempuan) dari Thailand yang kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Mereka semua berasal dari Pattani, Thailand bagian selatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *