A Massive Step toward Global Career: Sukses Selalu Zahwa!

Dengan digaungkannya Kurikulum Merdeka Belajar, semakin banyak mahasiswa Universitas Jember yang mulai membangun profile, pengalaman, dan potensi mereka untuk terjun dalam dunia nyata di luar kampus. Hal tersebut juga berhasil diwujudkan oleh Zahwa Azwaza Kalima’aza, salah satu mahasiswa angkatan 2017 di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang berhasil melewati seleksi untuk mengikuti program International MUN Internship.

Zahwa sebenarnya sudah lama berkecimpung dalam kegiatan kemahasiswaan yang diorganisir oleh lembaga internasional, seperti AIESEC misalnya. Zahwa banyak terlibat dalam kegiatan pertukaran mahasiswa internasional khususnya di Jawa Timur.  Kali ini, perjuangan gigihnya membawa Zahwa merengkuh kesempatan untuk mengikuti program internship di International Model United Nations yang dinaungi oleh United Nations (PBB). Kegiatan ini bisa dibilang sangat prestisius dengan peluang untuk belajar bagaimana mengembangkan proposal ilmiah, mendesain rencana bisnis, dan ambil andil dalam konferensi internasional dalam kerangka kolaborasi dengan banyak mahasiswa dari berbagai belahan dunia.  Dengan semangat Perserikatan Bangsa-Bangsa, IMUN berupaya untuk mendorong forum konstruktif untuk dialog terbuka tentang masalah global yang kompleks, termasuk perdamaian dan keamanan internasional serta kemajuan ekonomi dan sosial.

Dalam kegiatan International MUN Internship tersebut, Zahwa akan mengikuti magang selama lima minggu. Dengan fokus yang beragam mulai dari advertisement, promotion, diplomacy, dan juga communication, tentu Zahwa akan banyak belajar untuk meningkatkan kompetensinya sebagai seorang calon guru bahasa Inggris dan juga entrepreneur.  Sebagai informasi, International MUN Internship merupakan program reguler PBB. Dengan keberhasilan tersebut, Zahwa bisa menjadi perintis bagi mahasiswa lainya di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan di FKIP tentunya untuk berani unjuk gigi di level internasional.