DOSEN BERPRESTASI BERKALIBER NASIONAL: Mengukir Sejarah dengan Karya-karyanya

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. – Pramoedya Ananta Toer

 

Jember, Menulis merupakan salah satu hobi yang bisa menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Dengan menulis, kita bisa menyampaikan ide – ide yang kita miliki dan bisa tersebar secara manfaat untuk masyarakat luas. Menulis bukan hanya berhenti pada bentuk non-fiksi semata, produk fiksi pun bisa memberikan dampak yang luar biasa asalkan tersusun secara apik, rapi, dan menarik.

Hal ini yang telah dirintis oleh seorang Dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Jember sejak tahun 2011 hingga sekarang. Beliau adalah Siti Masrifatul Fitriyah, M.A., Ph.D. Lulusan S2 dan S3 dari salah satu Universitas ternama dunia yaitu University of Manchester ini, telah menyalurkan hobi nya dalam menulis dan sudah terpublish di berbagai penerbit mayor di Indonesia seperti Gramedia Pustaka Utama, BIP, dan Elexmedia. Beberapa bukunya juga telah turut dipamerkan di pameran buku luar negeri seperti di Frankfrut Jerman. Akrab dengan nama Fitri Kurniawan, beliau menggandeng penulis nasional yang sekaligus adek iparnya, yaitu Watiek Ideo. Dua perempuan hebat ini telah membuat dan mencetak beberapa buku berseries, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bilingual (Indonesia – Inggris).

Dalam suasana pandemi dan new normal seperti ini, Fitri Kurniawan tak lantas berdiam diri tanpa menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.  Ia berkolabarasi dengan 3 perempuan lainnya (Watiek Ideo, Luluk Nailufar, dan Nindia Maya) untuk membuat buku berseri dengan tajuk “Seri Aman Bersekolah dan Berinternet”. Buku berseri terbaru ini menceritakan tentang persiapan yang harus dilakukan agar anak – anak terlindungi selama berada bersekolah tatap muka di masa pandemi, mengingat adanya wacana pembelajaran tatap muka akan dilakukan di tahun ajaran baru, bulan juli 2021 dan juga dilengkapi dengan Seri Aman berinternet, untuk mengedukasi anak-anak untuk dapat menggunakan internet dan media sosial dengan aman dan sehat. Kedepannya Fitri Kurniawan akan terus mencetak buku – buku yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama untuk kalangan anak – anak.