Guru Besar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Kembali Menggoreskan Tinta Emas

Mengabdi di sebuah perguruan tinggi tentu tidak pernah lepas dari semangat untuk melakukan penelitian karena itu merupakan strategi utama untuk meningkatkan inovasi dan capaian dalam pendidikan.

Prof. Dr. Budi Setyono, M.A. merupakan salah satu dosen senior di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan rekam jejak yang luar biasa dalam bidang penelitian. Kali ini, beliau kembali menerbitkan satu artikel di jurnal internasional bereputasi, yakni The Journal of Asia TEFL. Tidak mudah tentu untuk menembus jurnal tersebut karena jurnal tersebut berada pada ranking Q1 untuk bidang Linguistics and Language dan Q3 untuk bidang Education menurut indeksasi SCOPUS.

Dalam artikel yang berjudul Exploring Pre-service English Teachers’ Critical Reflection on Their Teaching Practicum Experience, Prof. Budi menekankan pentingnya refleksi kritis bagi perkembangan kemampuan calon guru bahasa Inggris. Refleksi kritis mampu membantu guru ataupun peneliti untuk memahami permasalahan dalam kelas dengan lebih mendetil dan dalam. Hal tersebut tentu memegang peranan penting dalam membantu guru dan calon guru untuk membangun identitasnya sebagai seorang yang professional dalam dunia pendidikan.

Prof. Budi juga menuturkan bahwa refleksi kritis sangat diperlukan dalam menjembatani pembelajaran konseptual dan juga praktik mengajar di pendidikan tinggi, khususnya Lembaga Pencetak Tenaga Kependidikan (LPTK). Melalui artikel beliau, Prof. Budi kembali menginspirasi dan mengaspirasi para dosen di FKIP Universitas Jember untuk selalu bersemangat dalam meneliti. Dalam kaitannya dengan Kurikulum Merdeka belajar, di mana calon guru bahasa Inggris dituntut untuk menguasai kompetensi-kompetensi baru, tentu refleksi kritis bisa menjadi pendekatan sekaligus metode untuk meningkatkan kepercayaan diri dan semangat para calon guru untuk menjawab tantangan baru dalam dunia pendidikan.

Jika Anda merupakan guru atau calon guru bahasa Inggris, tentu artikel beliau bisa menjadi rujukan bergizi bagi Anda. Silahkan unduh artikel beliau melalui tautan berikut.

AsiaTEFL_V17_N4_Winter_2020_Exploring_Pre_service_English_Teachers_Critical_Reflection_on_Their_Teaching_Practicum_Experience(1)