JASMINE: 1ST RUNNER UP PUTERI KEBUDAYAAN INDONESIA 2020

Jasmine Sylphia Valentine atau yang akrab dipanggil Jasmine merupakan salah satu mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Jember. Jasmine merupakan mahasiswa angkatan 2019 dan terkenal gadis yang baik dan mudah bergaul dengan teman – temannya di Kampus. Gadis cantik kelahiran 12 Febuari 2001 dari kota Gadrung, Banyuwangi ini ternyata telah mengikuti ajang pemilihan Putera dan Puteri Kebudayaan Indonesia 2020/2021 yang diselenggarakan Sabtu 9 Januari 2021 di De Majestic, Bandung. Melalui ajang pemilihan Putera dan Puteri Indonesia 2020/2021 tersebut, Jasmine ingin membuktikan jika tidak hanya prestasi akademik yang bisa ia raih, namun prestasi non-akademik pun bisa diraihnya. Sebelum berangkat ke ajang tingkat Nasional, pastinya Jasmine telah melalui proses yang panjang di Jawa Timur, dan Jasmine meraih Puteri Kebudayaan Jawa Timur 2020.
Putera Puteri Kebudayaan Indonesia adalah suatu kontes baru yang berbasis pada pengembangan kebudayaan di era 4.0 biasa disingkat menjadi PPKI dengan pendirinya adalah M. Satrio Nusantara sebagai CEO. PPKI memiliki tagline “Muda Berkarakter Berbudaya“. Yang memiliki arti bahwa generasi muda mampu memiliki karakternya masing-masing tetapi tidak melupakan kebudayaannya itu sendiri. Dengan visi mewujudkan generasi muda yang berkarakter, berbudaya, memiliki kemampuan berpikir yang kritis, kreatif, dan inovatif serta mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain dan untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya.
Setelah melakukan berbagai rangkaian karantina, mulai dari sesi photoshoot, gala dinner, sashing seremony, kelas pembekalan sampai sesi deep interview, head to head challenge yang dilaksanakan di Pasar Baru Hotel Bandung. Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 yang diikuti 52 peserta 26 Putera dan 26 Puteri, akhirnya melalui tahapan yang sangat penting yaitu babak grand final, 9 Januari 2021 di De Majestic, Braga. Dibabak ini seluruh finalis mengeluarkan kemampuannya dalam mengeksekusi penampilan mereka, ada 5 juri yang menilai para finalis yaitu Dra. Hj. Eti Herawati (wakil walikota Cirebon) Sakti Mikael (Mister Glam International 2019) Rizky Darta (Miss All Nation Indonesia 2019) Brata Kartasasmita (Mister Tourism Universe 2018) dan Lauwardy (ppki advisor). Pada ajang Putera dan Puteri Kebudayaan Indonesia 2020/2021 tersebut, Jasmine berhasil menyabet title 1st Runner Up Puteri Kebudayaan Indonesia. Tidak hanya berhenti disitu saja, pada malam ajang pemilihan tersebut, gadis imut nan catik dari Kota Banyuwangi tersebut juga meraih Best in Evening Gown Puteri Kebudayaan Indonesia dan Puteri Kebudayaan Indonesia Intelegensia.